Image and video hosting by TinyPic

Samsung tidak ada suara

Problem Samsung chasis KSA1 TDA9381 – MSP3465 – TDA8944 tidak ada suara, tetapi gambar bagus. Hal ini dapat disebabkan karena 2 hal, yaitu problem (1) soft ware atau karena problem (2) hardware

1. Problem software
Jika menjumpai kerusakan tidak ada suara, pada hal bagian Penguat audio TDA8944 diperiksa masih berfungsi dengan baik, maka kecurigaan terlebih dahulu harus kepada problem soft ware atau “data memori korup”. Cek data memori seperti langkah dibawah ini atau coba ganti memori.
Buka posisi volume seperlunya (tidak perlu keras)
Buka service menu.
Kemudian masul ke OPTION
Pilih item 3. AUDIO dan coba ajust datanya.
Kalau problem disebabkan karena data korup maka pada posisi tertentu suara akan segera muncul
MEMORI DAPAT DIGANTI KOSONGAN (auto program sendiri)

2. Problem hardware (sirkit)
Bagian audio prosesor terdiri dari :
Jalur sinyal suara dimulai dari TUNER IF-out yang kemudian bercabang menjadi 2 arah. Satu masuk ke bagian Video-IF lewat SAW filter K7257 terus ke TDA9381. Dan satu jalur lainnya masuk ke bagian penguat Audio-IF dan detektor U4468 lewat SAW filter K9253.
U4468 merupakan penguat frekwensi IF-suara dan merubahnya menjadi frekwensi audio-FM. Output merupakan sinyal FM-audio dan selanjutnya di-inputkan ke pcb prosesor suara MSP3465.
MSP3465 merupakan Multi Audio Prosesor yang digunakan untuk memproses sinyal FM-audio mono menjadi sinyal suara (audio). MSP juga digunakan sebagai kontrol-switch TV/External audio-in. Komunikasi antara MSP dengan mikrokontrol dilakukan melalui SDA/SCL. Output dari MSP ada 2 macam, yaitu Audio-out ke jack AV-out (lewat konektor pada main-pcb) dan Audio-out yang ke amplifier TDA8944 (lewat konektor kabel biru). MSP membutuhkan suply 5v untuk bagian digital dan 8v untuk bagian analog.
Audio-amplifier menggunakan ic stereo TDA8894. Amplifier dihubungkan dengan konektor ke speaker lewat pcb Front AV-in atau Side AV-in. Jika konektor AV-in tidak tidak dipasang maka speaker tidak akan berbunyi. Tidak ada suara pada bagian audio amplifier kemungkinan dapat pulsa disebabkan karena problem pada sirkit “MUTE”

Tentang IC MSP34xx
MSP34xx adalah merupakan keluarga prosesor yang dapat digunakan untuk memproses sinyal audio teve dengan semua standard dunia seperti misalnya B/G, DK, I , NICAM, A2 dan lain-lainnya tanpa memerlukan adjustment
MSP3465G merupakan versi mono untuk semua standard dunia
MSP3455G merupakan versi stereo untuk semua standard dunia
MSP3415G merupakan versi stereo NICAM dan A2
Keluarga MSP34x5G memiliki fasilitas Volume, Bass, Treble, Loudness, Spatial-efect

sumber : marsono tv
Image and video hosting by TinyPic

Total Pageviews